Ini Tips Menghindari Penipuan Pembelian Properti Berlabel Syariah

Ini Tips Menghindari Penipuan Pembelian Properti Berlabel Syariah

Dan hal inilah yang sering dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menggaet nasabah untuk berinvestasi. Hal ini tak lain karena, tawaran keuntungan yang diberikan cukup menggiurkan sehingga membuat masyarakat yang kurang memiliki pengetahuan menjadi gampang terkecoh dan akhirnya menanamkan modal. Bayangkan akun Anda di-hack oleh penjahat cyber dan mereka mendapat akses ke teman dekat dan keluarga Anda. Dengan begitu banyak teman dan koneksi pada platform on-line ini, kita menggunakan Facebook tidak hanya untuk memeriksa aktivitas dan update teman, tapi juga untuk bercengkerama dengan mereka. Bila Anda beruntung, tak terjadi apa-apa selain hoax yang mengganggu Anda dengan menampilkan pop-up pada layar ketika Anda melakukan searching. Untuk menyingkirkan pop-up menyebalkan ini, scan sistem Anda menggunakan produk antivirus yang baik.

Para penipu kini memiliki kemudahan akses ke lebih banyak alat dan data dibanding sebelumnya, yang menyebabkan pencurian identitas mencapai rekor yang tinggi. Bagan ini membandingkan pengambilalihan akun, kartu tidak absen, dan bentuk lain dari kerugian penipuan identitas serta pertumbuhannya yang terus meningkat. Terkadang, menghindari penipuan hanya membutuhkan teman dekat atau anggota keluarga yang menunjukkan bahwa perusahaan atau orang yang Anda hadapi tampak mencurigakan.

Ketika mendapatkan kode verifikasi melalui layanan SMS, padahal Anda tengah menggunakan WhatsApp, tidak perlu cemas. Orang yang berusaha membobol akun Anda memerlukan kode ini untuk masuk, selama Anda tak membaginya dengan siapapun, akun Anda cenderung aman dan tidak dapat diakses melalui media atau perangkat lainnya. Perhatikan pemberitahuan yang meminta kamu memperbarui aplikasi dan mengawasi aplikasi dalm menyimpan informasi pribadi pelanggan. Penting untuk tidak berkomunikasi atau melakukan transaksi dengan pedagang di luar saluran resminya. Berhati-hatilah jika seseorang meminta kamu untuk melakukan pembayaran di luar standar, karena ini bisa menjadi tanda scammer.

Pilihlah e-commerce terpercaya dan memiliki rekomendasi cukup bagus. Bandingkan juga dengan e-commerce lain sebagai acuan bahwa Anda benar-benar tidak salah memilih e-commerce. Selama 10 tahun terakhir, pemerintah menyatakan bahwa sebanyak Rp105,81 triliun dana masyarakat hilang karena investasi ilegal. Jumlah tersebut diduga masih terus bertambah menyusul ada masyarakat yang tidak melaporkannya ke Otoritas Jasa Keuangan atau pun ke Badan Reserse Kriminal . Penting untuk diingat, jangan mengeklik tautan apapun jika pengguna menerima e mail yang meminta menyetel ulang PIN verifikasi dua langkah atau kode pendaftaran saat pengguna tidak memintanya. Kami juga sangat menyarankan untuk terhindar dari penipuan agar Anda selalu menggunakan fitur Chat yang sudah disediakan oleh platform kami dan menolak jika diarahkan pada media komunikasi lain.

menghindari penipuan

Atau, Kamu juga dapat mencoba memberikan jawaban yang berbeda dari “ya”. Jika orang lain terus mencoba mendapatkan kata khusus ini dari Kamu, tutup saja. Apabila pesan tersebut dinyatakan melanggar ketentuan layanan WhatsApp, maka WhatsApp akan memblokir akun tersebut. Mintalah kepada calon pembeli untuk melakukan negosiasi di tempat yang menurut kamu aman. Taruhlah nama lengkap dan identitas diri kamu dan pembeli di dalam dokumen, berikan pula materai yang authorized dari pemerintah dan bubuhkan tanda tangan kedua belah pihak.

Maka dalam satu keadaan pelaku dapat dengan mudah mengelabuhi korban dengan mempermainkan sisi psikologis korban. Sebisa mungkin, hindari toko atau penjual yang meminta data-data tersebut, karena sangat rawan disalahgunakan untuk penipuan. Semakin sedikitreviewburuk dari pembeli, mungkin saja penjual dan toko lebih terpercaya. Testimoni pembeli danreviewproduk adalah hal penting yang dapat menentukan reputasi penjual dan toko. Sebelum memilih barang yang Anda inginkan, sebaiknya Anda memerhatikan ulasan produk tersebut. Hal ini memudahkan Anda untuk mendapatkan informasi apakah barang tersebut layak atau tidak terutama yang memuat dengan foto-foto.

Pada jenis-jenis penipuan phising e mail, penipu mengirimkan e-mail kepada calon korban dengan mengatasnamakan lembaga terpercaya. Pelaku memancing korban untuk menekan hyperlink yang tercantum di dalam e-mail. Tujuan COD adalah agar kita bisa melihat dan mengecek langsung barang yang dijual. Anda tentu tidak ingin dikirim barang yang sudah rusak atau kardus berisi batu. Itulah sebabnya opsi COD sangat direkomendasikan saat ingin belanja dari penjual di internet.

Comments are closed.